Berita Dinas Sosial Situbondo

Warga Butuh Perawatan Namun Tak Punya Biaya Maupun KIS, TKSK Situbondo Lakukan Asesmen dan Beri Bantuan | BIDANG PEMBERDAYAAN SOSIAL & PENANGANAN FAKIR MISKIN

SITUBONDO - Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Lutfi Jalil mengunjungi keluarga Suhermanto di Tanjung Glugur Kampong RT 01 RW10 Desa Tanjung Glugur, Kecamatan Mangaran, Kab. Situbondo, Kamis (9/9/2021) siang.

Hadir dalam kesempatan tersebut, anggota Tagaan setempat, Fauzi, Sekretaris Desa Tanjung Glugur Miftah, dan kepala dusun, Nofi.

Kunjungan itu dilakukan untuk menindaklanjuti laporan Sekretaris Desa Tanjung Glugur Miftah yang menginformasikan ada warga yang membutuhkan perawatan, namun tidak memiliki biaya dan juga tidak memiliki KIS. 

“Kami langsung turun didampingi Fauzi, Tagana setempat untuk melakukan asesmen sekaligus memberikan bantuan berupa sembako,” kata Lutfi.

Lutfi melanjutkan, dari hasil asesmen, diketahui bahwa keluarga Suhermanto 
berasal dari Probolinggo yang pindah ke Desa Tanjung Glugur sejak 9 bulan lalu. Mereka resmi menjadi warga Tanjung Glugur sejak 24 Agustus 2021 lalu dengan diterbitkannya KK dan KTP baru.

“Menurut informasi dari pak Sekdes, saat datang ke Desa Tanjung Glugur mereka menempati ruangan kosong yang ada di lokasi masjid. Namun, entah mengapa lalu mereka pindah ke rumah timur masjid dengan sistem kontrak,” terang Lutfi.

Dia menjelaskan, anak semata wayang Suhermanto dan Suci Lestari, RAH mempunyai kelainan, sehingga diberhentikan dari sekolah dan dijauhi teman-temannya.

Dari keterangan keluarga, lanjutnya, RAH sudah diperiksakan ke dokter. Namun, ada yang mendiagnosis autisme dan ada pula yang bilang bukan autisme.

Untuk memastikan, butuh perawatan kesehatan lebih lanjut. Akan tetapi, karena tidak memiliki biaya, semua perawatan, termasuk konsumsi obat perhari seharga 10.000 dihentikan. Mereka pun berharap mendapatkan KIS agar perawatan bisa dilanjutkan. 

“Untuk menindaklanjuti hasil asesmen, kami akan berkoordinasi dengan pihak pihak terkait agar apa yg diharapkan bisa terpenuhi,” imbuh Lutfi.

Atas terlaksananya kunjungan tersebut, Lutfi mengucapkan terima kasih kepada donatur yang mempercayakan pihaknya untuk mengelola dana bantuan. e Waroeng yang telah menyiapkan dan mengemas sembako, serta Tagana yang bersedia mendampingi. (rif/ul)